Workshop Sumber Daya Potensi SAR

“Melalui Workshop Bidang SAR Kita Ciptakan Potensi SAR Yang Memiliki Semangat Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa”, menjadi tema pelaksanaan workshop yang digelar oleh Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Kegiatan yang melibatkan Kepala Seksi Sumberdaya dan Instruktur seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan ini dilaksanakan selama 3 hari, sejak Senin (30/10/2023) hingga Rabu (1/11/2023).

Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Basarnas Moh Harokna Haulah dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa tema yang diusung sesuai dengan kondisi saat ini, dimana Basarnas dan potensi SAR dituntut untuk bergerak cepat dalam merespons setiap laporan operasi SAR.

 

“Basarnas dan potensi SAR dituntut untuk bergerak cepat merespons setiap adanya kecelakaan, bencana, kondisi membahayakan manusia maupun kecelakaan yang memerlukan pencanangan khusus. Sinergi antara Basarnas dengan potensi SAR harus memiliki pemahaman dan visi yang sama, dengan mengedepankan sikap satu jiwa satu rasa dalam setiap pelaksanaan operasi SAR,” jelasnya.

Deputi menambahkan sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pencarian dan pertolongan, 3 hal yang menjadi perhatian Basarnas. Pertama harus memiliki budaya siaga, antisipatif, dan adaptif. Kedua, orientasi pada pencegahan harus diutamakan, meskipun bencana tidak dapat dicegah namun dengan adanya tindakan antisipasi melalui pembinaan dan pemberdayaan setidaknya dapat mengurangi dampak korban yang timbul. Ketiga, aktif mengajak seluruh aparat pemerintah, pusat maupun daerah untuk melakukan edukasi SAR yang berkelanjutan, terutama di daerah-daerah rawan bencana. (Nv)