Tingkatkan Kerja Sama dibidang Pelayanan Darurat Penerbangan, Basarnas dan Airnav Indonesia Cabang Medan lakukan Penandatanganan Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA).

 

Medan - (26/6) Bertempat di Hotel Adi Mulia Medan, Basarnas Kantor SAR Medan, Kantor SAR Nias dan Airnav Indonesia Cabang Medan  melaksanakan penandatanganan Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam hal operasi penyelamatan dan penanganan darurat terkait penerbangan di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Penandatanganan LOCA ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat sinergi antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan Air Navigation Indonesia (Airnav) dalam mendukung upaya-upaya SAR dan penanganan keadaan darurat di udara. Kesepakatan ini akan memungkinkan kedua pihak untuk saling mendukung dalam pertukaran informasi, pengelolaan sumber daya, dan pelaksanaan operasional secara lebih efektif.

 

"Dengan LOCA ini, kami berharap dapat meningkatkan responsibilitas bersama dalam situasi darurat, serta memastikan penggunaan sumber daya yang optimal untuk keselamatan masyarakat dan penerbangan di wilayah Sumatera Utara," ujar Mustari, S.E., M.M. selaku Kepala Kantor Basarnas Medan.

Selain itu, Wahyu Tirtaji Setyo Priyanto, S. Sos selaku GM Airnav Indonesia Cabang Medan menambahkan, "Kami percaya bahwa kolaborasi yang lebih erat antara Basarnas Kantor SAR Medan, Kantor SAR Nias dan Airnav cabang Medan akan memperkuat kemampuan kami untuk menghadapi tantangan-tantangan di lapangan dengan lebih baik, serta memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat."

Setiawan Gerda Yustitia, S. Sos. M.A. selaku Koordinator Bidang Kerja sama Basarnas Pusat yang mewakili Kepala Biro Hukum dan Kerja sama Basarnas Pusat dalam sambutan nya mengatakan bahwa Basarnas telah melaksanakan penandatangan LOCA dengan Airnav Indonesia ini hampir diseluruh Kantor Basarnas yang tersebar di Indonesia dengan harapan penandatangan LOCA kedepannya bisa diimplementasikan dengan beberapa kegiatan seperti latihan bersama, pembuatan SOP (Standart Operasional Prosedur) bersama hingga dari pihak Airnav Cabang Medan juga bisa saling berbagi informasi atau ilmu terkait dengan penyelenggara pelayanan penerbangan Indonesia khusus nya di wilayah Sumatera Utara, namun disisi lain kita juga tidak berharap terjadinya suatu kecelakaan penerbangan baik di Sumatera Utara maupun di seluruh Indonesia namun apabila terjadinya kecelakaan penerbangan Basarnas Medan, Basarnas Nias dan Airnav Indonesia Cabang Medan sudah siap dalam melaksanakan operasi penanganan darurat." Pungkas nya.

Kedua belah pihak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyusun LOCA ini, serta berharap untuk melihat hasil konkret dari kerjasama ini dalam waktu dekat.