TINGKATKAN KEMAMPUAN RESCUER, BASARNAS KANTOR SAR CILACAP GELAR LATIHAN SAR SATUAN PERTOLONGAN DI BAWAH AIR

Cilacap (9/5/2023) – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa membuka pelatihan peningkatan dan pengembangan keterampilan dalam bidang pencarian dan pertolongan di bawag air pada Selasa (9/5). Pelatihan ini melibatkan seluruh rescuer yang memiliki kemampuan SAR pertolongan di dalam air.

 

Kegiatan ini bertujuan selain untuk menjalankan tugas pokok BASARNAS dalam memberikan jasa pelayanan SAR dimana didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan standar kompetensi juga menguji prosedur pencarian dan pertolongan di bawah air, menguji dan membina kesiapsiagaan rescuer, serta menguji kemampuan operasional sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan.

 

Dalam sambutannya, Adah menjelaskan bahwa pembinaan dan Latihan seperti ini penting dan menjadi bekal pada saat pelaksanaan Operasi SAR. Untuk itu, rescuer yang terpilih dalam kegiatan Latihan SAR satuan di bawah air untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

 

Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 9 Mei sampai dengan 12 Mei 2023. Dengan pembekalan berupa materi yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor SAR Cilacap serta aplikasi yang dilaksanakan di Kolam Renang Sentul Waterpark, Perairan Teluk Penyu, dan Perairan Nusakambangan Cilacap.