Tim SAR Gabungan Temukan Korban Hanyut di Sungai Aek Silang

Senin, 6/11/2023, Pencarian hari keempat, korban bernama Juniman Gulo (38) yang dilaporkan hanyut di Sungai Aek Silang tepatnya di Desa Simangaronsang PLTMH, Kec. Dolok Sanggul, Kab. Humbahas pada Jum'at, 03/11/2023 lalu akhirnya ditemukan oleh Tim SAR gabungan. Pencarian korban dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan di sungai Aek Silang Desa Simangaronsang, Kec. Doloksanggul, Kab. Humbang Hasundutan.


Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan, sejak hari pertama melakukan pencarian Tim SAR gabungan langsung berkoordinasi dengan PLN agar menurunkan debit air supaya mudah menyusuri sungai, akan tetapi sebelum tim turun ke sungai untuk melakukan penyisiran, tim terlebih dahulu melakukan pantauan dengan menggunakan drone. Hal ini disebabkan karena aliran sungai sangat deras dan ekstrim.


"Berkat sinergitas yang baik seluruh unsur yang terlibat sekitar pukul 10.20 WIB akhirnya Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia dan semuanya keberhasilan atas kerja sama antar Basarnas, BPBD, Gaji, PLN, Koramil 05 Doloksanggul,dan pemerintah setempat. Korban diketemukan sekitar 300 meter dari lokasi korban hanyut dan berhasil dievakuasi ke ambulans setengah jam kemudian," Jelasnya.


Terpisah Koordinator Pos Basarnas Danau Toba selaku OSC pada pencarian korban tersebut mengatakan korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa ke kampung halaman di Sibolga untuk disemayamkan.
Diketahui sebelumnya, pada Jum'at, 03 November 2023 pukul 09.30 WIB telah terjadi KMM orang hanyut di Sungai Aek Silang. Berawal saat korban menyeberangkan kayu di sungai tersebut hingga mengakibatkan korban hanyut terbawa arus derasnya sungai. Pemerintah setempat dan masyarakat telah melakukan pencarian namun belum diketemukan, hingga BPBD Humbahas melaporkan ke Pos SAR Danau Toba guna meminta bantuan SAR. Ss/hms