Tim SAR Gabungan Temukan Jasad Pria Pendulang Emas di Dairi

Tim SAR Gabungan akhirnya temukan jasad pria pendulang emas yang hanyut terseret arus Sungai Lau Renun di Kabupaten Dairi, Kamis (15/8/2024).
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan Mustari mengatakan bahwa korban ditemukan pagi tadi sekitar Pukul 09.10 WIB, berjarak sekitar 26 km dari lokasi awal korban terseret arus sungai. Selanjutnya korban langsung dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga.

"Sejak awal pencarian, Tim SAR Gabungan telah mengupayakan segala cara untuk menemukan korban seperti memasang jaring di hilir sungai, kemudian pada lokasi yang dicurigai, namun kondisi medan yang curam dan terjal, tim harus turun ke permukaan sungai menggunakan tali," jelas Mustari.



Diketahui sebelumnya, Minggu, (11/8), personel siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan menerima informasi terkait adanya seorang pria yang hanyut disungai Lau Renun, Kab. Dairi. Berdasarkan informasi yang diterima, kronologis kejadian bermula Pada hari Jumat (9/8) sekitar pukul 09.00 WIB korban a.n Jemput Paulus Tarigan (Lk) usia 30 tahun dan temannya berangkat bersama dari rumah dengan menggunakan sepeda motor menuju Sungai Lau Renun di Desa Bertungen Julu untuk mendulang emas. Sesampainya di lokasi korban dan temannya mendulang emas namun beda tempat berjarak kurang lebih 30 meter. Sekitar pukul 11.30 WIB temannya hendak mengajak korban makan siang namun temannya tersebut tidak melihat lagi korban tersebut di lokasi, lalu temannya pun mencari keberadaan korban di sekitar sungai tersebut tapi tidak melihat korban dan hanya melihat barang-barang korban di pinggir Sungai, lalu temannya pun pulang ke rumah dan memberitahukan kepada orang tua korban kalau korban hanyut di sungai dan belum ditemukan.

"Jadi tim kita menerima informasi tersebut setelah tiga hari pasca kejadian, setelah tim dari Kadus Desa Bertungen Julu, Polsek Tiga Lingga, pemerintah setempat dan warga sekitar melakukan pencarian namun korban tak kunjung ditemukan baru kemudian melapor ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan," tambahnya. Ss/hms