Basarnas Medan dan Tim SAR Gabungan Evakuasi Mahasiswa yang Jatuh ke Jurang di Gunung Sibayak

Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang pendaki yang mengalami kecelakaan di Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (8/9/2024). Pendaki yang jatuh pada Sabtu malam (7/9) dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia setelah upaya evakuasi yang berlangsung dramatis.

Korban bernama Ronny Syahputra Sinurat berusia 20 tahun seorang mahasiswa USU Fakultas Vokasi. Ia dilaporkan terjatuh dari ketinggian sekitar 15-20 meter saat mencoba menuruni salah satu jalur curam di kawasan puncak gunung. Rekan pendaki yang menyaksikan insiden tersebut langsung melaporkan kejadian ke petugas penjagaan gunung Sibayak, yang kemudian diteruskan ke Basarnas Medan selanjutnya segera menerjunkan tim ke lokasi kejadian.

"Kami menerima laporan sekitar pukul 23.20 WIB, dan tim langsung bergerak menuju lokasi dengan membawa peralatan lengkap untuk evakuasi di medan terjal. Proses evakuasi berlangsung selama lebih dari tiga jam karena medan yang sulit dijangkau dan kondisi lokasi yang gelap," terang Kepala Kantor SAR Medan Mustari.
Hingga akhirnya korban berhasil dievakuasi pada pukul 04.15 WIB dan segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe untuk proses lebih lanjut." ungkap Mustari, S.E., M.M. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan (Basarnas Medan).

Kronologis kejadian bermula pada Sabtu, (7/9) sekitar Pukul 19.25 korban bersama 8 orang rekannya melakukan pendakian ke Gunung Sibayak melalui jalur wisata, namun sekitar Pukul 21.45 Wib, korban tiba-tiba terjatuh ke jurang. Teman2 korban yang mengetahui kejadian tersebut langsung melaporkan ke petugas setempat dan diteruskan ke Basarnas Kantor SAR Medan. Ss/hms