TIM SAR GABUNGAN EVAKUASI 2 PENDAKI YANG TERSESAT DI GUNUNG ADENG

TABANAN --- Dua orang pendaki dikabarkan tersesat di Gunung Adeng, Desa Angsri, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Minggu (23/6/2024). Posisi korban tersesat berada di sekitar puncak, dengan ketinggian kurang lebih 1.826 Mdpl. 

"Infonya kami terima dari ibu Tasya, dengan identitas kedua pendaki atas nama Ivan 22 tahun dan Mettew 22 tahun, beralamat di Panjer, Denpasar," ungkap Nyoman Sidakarya, S.H., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). Menurut keterangan dari pelapor bahwa keduanya memulai pendakian sejak kemarin sore dan malam itu kondisi cuaca hujan gerimis dengan suhu dingin. Dikatakan kondisi keduanya tidak mengalami cedera dan kondisi fisiknya baik. 

"Kami memberangkatkan 6 personel dari Kantor Basarnas Bali menuju Gunung Adeng kurang lebih pukul 06.45 Wita," imbuhnya. Tim dibagi menjadi 2 SRU, dimana SRU pertama melakukan pendakian terlebih dahulu untuk penyisiran ke lokasi diduga korban berada. Mereka bergerak dari Posko pada pukul 10.05 Wita dengan 18 orang personel tim SAR gabungan. Sementara itu SRU 2 menyusul naik. 

Akhirnya pada pukul 11.15 Wita SRU 1 berhasil menemukan 2 pendaki tersebut pada Koordinat 08°19'35.1"S 115°08'36.3"E , pada ketinggian 1442 MDPL dalam keadaan selamat. Selanjutnya tim SAR gabungan mengevakuasi korban dan tiba di posko pada pukul 12.45 Wita. 

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Dit Samapta Polda Bali, Polres Tabanan, Polsek Baturiti, BPBD Tabanan, Potensi Sardog Bali, Potensi Bhuana Bali Rescue, Potensi SAI Rescue, pemandu Lokal, pemandu Gauri Rescue serta pihak keluarga korban. (ay/hmsdps)