Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Pelajar yang Tenggelam di Pantai Bunton

Cilacap - Tim siaga Basarnas Kantor SAR Cilacap kembali menerima informasi adanya 1 (satu) orang pelajar tenggelam di Pantai Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap pada Jumat (14/06).

M. Abdullah, selaku Kepala Kantor SAR Cilacap menuturkan bahwa informasi tersebut  diterima dari Potensi SAR Cilacap Rescue Jumat (14/06) sore. Menurutnya, sekitar pukul 15.45 Wib seorang pelajar bernama Dimas (15) sedang mandi di Pantai Bunton, namun karena ombak yang cukup tinggi sehingga pelajar tersebut terseret arus.

Mendapati laporan tersebut, 1 tim rescue Kantor SAR Cilacap langsung diberangkatkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian bersama dengan tim SAR gabungan yang berada dilapangan.

Adapun identitas survivor bernama Dimas Riski Aditya (15) pelajar asal Karanganyar Panjad Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Sementara alut yang digunakan diantaranya Rescue Car Type II, Rescue Car Carrier, Motor Trail, Set Perlengkapan Posko, Set Perlengkapan Medis, Drone Thermal UAV, Aqua Eye, LCR, Alat Komunikasi, dan Alat Pendukung SAR di Air.

Pencarian hari kedua (15/06/2024)Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi pelajar yang enggelam di Pantai Buton.

Komandan Tim SAR Gabungan, Arif Wibowo Kurniawan mengatakan survivor atas nama Dimas Risky Aditya (15) alamat Desa Karanganyar Kecamatan Adipala berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pada pukul 10.30 Wib dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak sekitar 3.75 km ke arah tenggara dari lokasi kejarian.

Kemudian pukul 11.00 Wib, Tim SAR Gabungan mengevakuasi dan membawa korban ke Puskesmas Adipala I untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR di Pantai Bunton diusulkan ditutup. Dan seluruh unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terimakasih", tutupnya.

Adapun unsur SAR yang diterlibat diantaranya Basarnas Kantor SAR Cilacap, Lanal Cilacap, Koramil Adipala, Polairud Cilacap, Polsek Adipala, Rapi, SAR Arnavat, Cilacap Rescue, Tagana, Banser, Wapala Banyumas, SAR MTA, Eslan Rescue, Nelayan, Keluarga dan Masyarakat sekitar.