Tim SAR Gabungan Evakuasi Seorang Perempuan yang Tersesat di Kaki Gunung Bukit Tunggul Kec. Lembang Kab. Bandung dalam Keadaan Selamat

Kaimana. Tim SAR gabungan Minggu (2/7) pagi pukul 08:15 WIT berhasil mengevakuasi 6 korban tenggelamnya KM. Farida Indah yang sebelumnya diinformasikan berlayar pada tgl 19 Juni 2023 dari Timika - Agats dan dilaporkan hilang pada 22 Juni 2023. 

Segala upaya pencarian KM. Farida Indah sudah dilakukan, mulai dari penyebaran informasi bagi kapal-kapal yang berlayar dengan radius 80 NM menggunakan aplikasi E-Broadcast serta pemapelan kepada kapal-kapal oleh SROP Timika. Diketahui sebelumnya 2 ABK KM. Farida Indah berhasil diketemukan KM Nagoya dan selanjutnya dievakuasi dengan selamat oleh tim SAR gabungan. 

Pencarian sempat dihentikan karena hingga hari ketujuh pencarian tidak diketemukannya tanda tanda ke 6 ABK yang masih hilang, walaupun pencarian dihentikan tetapi penyebrab informasi tetap dilakukan, terkhusus menggunakan aplikasi E‐Broadcast. 

 

Sabtu (1/7) E - Broadcast yang masih memancarkan informasi hilangnya 6 ABK KM. Farida Indah ini mendapatkan titik terang, E - Broadcast tersebut direspon kapal MV. RTM Djulpan Sabtu siang pukul 11:30 WIT. Informasi diterima BCC (Basarnas Command Center) bahwa seluruh korban tersebut berhasil ditemukan selamat dan dievakuais ke atas kapal berbendera Singapura itu. 

Jarak ditemukannya korban sekitar 59 NM dari daratan Kabupaten Kaimana, mereka ditemukan terapung di atas rakit yang telah mereka buat. Seluruh korban ditemukan di perairan Kaimana ketika MV. RTM Djulpan sedang berlayar dari Australia menuju Cina. 

Setelah bisa berkomunikasi dan  mendapatkan posisi Kapal MV. RTM Djulpan tim SAR gabungan di gerakkan menuju lokasi kapal untuk mengevakuasinya, dikarenakan cuaca buruk dan gelombang tinggi  hingga Sabtu siang tim SAR gabungan belum berhasil mencapai titik penjemputan. 

Minggu (2/7) dini hari akhirnya tim SAR gabungan bisa mencapai titik penjemputan dan selanjutnya keenam ABK KM. Farida Indah itu dievakuasi ke RSUD Kab. Kaimana agar mendapatkan perawatan medis lanjutan.