Tim SAR Evakuasi Empat Nelayan di Perairan Padar

Labuan Bajo, 30/06/2024. Tim SAR Gabungan menegavakuasi 4 orang nelayan yang tenggelam saat kapal mereka diterjang gelombang tinggi di Perairan Selat Lintah Pulau Padar Kab. Manggarai Barat pada Pukul 12.00 Wita hari ini (30/06).

"Kami menerima informasi dari Koordinator Pos SAR Manggarai Barat bahwa terjadi kecelakaan kapal yakni kapal nelayan dengan jumlah POB (person on board) sebanyak 4 Orang nelayan, sekitar pukul 11.00 Wita kapal yang mereka tumpangi berlayar dari Pulau Padar ke Pulau Komodo untuk mencari ikan namun naas angin kencang dan gelombang tinggi membuat kapal mereka miring dan terbalik pada Pukul 12.00 Wita." ungkap Kepala Kantor SAR Maumere Supriyanto Ridwan selaku SAR Mission Coordinator (SMC).



"Langsung dikerahkan Tim SAR Gabungan menggunakan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat menuju lokasi kejadian, sekitar pukul 13.50 Wita, saat diperjalanan menuju lokasi, tim berpapasan dengan speed Sea Zaydan yang telah terlebih dahulu menyelamatkan ke empat korban yang kebetulan melintas di lokasi kejadian, dengan sigap tim langsung mengevakuasi seluruh korban menuju labuan bajo menggunakan kapal rib untuk mendapatkan perawatan medis." terang Ridwan

"keadaan korban seluruhnya sehat hanya saja masih merasakan kedinginan dan lemas usai terobang ambing di laut, dan kepada Tim Speed Zea Zaydan kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas jiwa kemanusiaannya untuk menolong seluruh korban dengan cepat dan selamat." pungkasnya.

Pukul 15.00 Wita seluruh korban tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo dan mendapatkan perawaran medis dari Tim Kesehatan Pelabuhan Labuan Bajo.