Tim SAR Evakuasi Balita Asal Selandia Baru yang Terjatuh dari Kapal

Labuan Bajo, 13/06/2024. Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang balita laki-laki asal Selandia Baru bernama Liam Jack Rollo usia 4 tahun yang terluka di bagian kepala usai terjatuh di kapal catamaran coco milik orang tuanya di perairan kampung komodo Pulau Komodo Labuan Bajo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur siang tadi (13/06).

"Basarnas Maumere melalui Pos SAR Manggarai Barat menerima informasi tersebut dari warga Kampung Komodo dan menyampaikan bahwa anak balita tersebut membutuhkan pertolongan medis, tim mencoba memghubungi ibu korban guna menyampaikan bahwa tim akan segera ke lokasi untuk melakukan evakuasi medis." terang Suprianto Ridwan Kepala Basarnas Maumere selaku SMC (SAR Mission Coordinator)



"Tim dikerahkan menggunakan kapal RIB (rigid inlfantable boat) Pos SAR Manggarai Barat menuju lokasi kejadian, sekitar pukul 18.25 Wita tim tiba dan langsung membawa balita bersama ibunya menuju labuan bajo." ungkap Ridwan.

"Sekitar Pukul 19.10 Wita setelah perjalanan dari lokasi tim telah pelabuhan marina dan langsung dibawa ke rumah sakit siloam, keadaan anak balita tersebut dalam keadaan sehat hanya saja masih merasakan kesakitan di area kepala korban akibat terjatuh." tandas Ridwan diakhir wawancara,

Adapun kronologi yang didapatkan dari ibu korban bahwa sekitar pukul 10.00 Wita (13/06) Kapal Catamaran Coco berangkat dari Lauan Bajo menuju Bali, namun pada pukul 13. 00 Wita di sekitar perairan Kampung Komodo Labuan Bajo, korban bermain di depan pintu kapal hingga terjatuh dan kepala depan korban terluka cukup serius hingga membutuhkan evakuasi medis.