Sidang ke-88 JKLB Malindo

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Noer Isrodin Muchlisin hadir mewakili Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo dalam kegiatan Sidang ke-88 Jawatan Kuasa Latihan Bersama (JKLB) Malindo yang dilaksanakan di Le Meridien Hotel, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Rabu (29/05/24).

Sidang di pimpin langsung oleh Major General Dato' Haji Noorrul Azril Bin Ariffin sebagai Ketua JKLB Malaysia beserta Delegasi Angkatan Bersenjata Malaysia dan Asops Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema sebagai Ketua JKLB Indonesia.

Dalam sesi pemaparannya, Noer Isrodin Muchlisin menjelaskan arahan latihan bersama (latma) SAR Exercise Indonesia-Malaysia (Sarex Malindo), tindak lanjut dari arahan yang sudah dijalankan, pemaparan seluruh kegiatan selama tahun 2023, serta hasil latihan bersama dengan Malaysia selama tahun tersebut.

Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema dalam sambutan penutupnya mengungkapkan harapan agar kerja sama antara Indonesia dan Malaysia dapat terus berlangsung dengan baik, memperkuat pertahanan negara masing-masing, dan menjaga silaturahmi antara kedua negara. Harapan serupa juga disampaikan oleh Major General Dato' Haji Noorrul Azril Bin Ariffin kepada pihak JKLB Indonesia.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia dan Malaysia, sebagai negara yang berada dalam satu kawasan memiliki komitmen untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas keamanan baik di dalam negeri maupun di kawasan. Sejak tahun 1972, kedua negara telah membentuk General Border Committee (GBC) yang diresmikan berdasarkan Security Arrangement in the Border Regions between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of Malaysia, yang ditandatangani pada 6 April 1972.

Kerja sama ini terus berkembang dan pada tahun 2006 dibentuklah High Level Committee (HLC) Malindo yang dipimpin oleh Panglima Angkatan Bersenjata kedua negara. HLC merupakan badan di bawah GBC. Di bawah HLC terdapat beberapa komite, termasuk Coordinated Operations Control Committee (COCC) yang mengatur kerja sama bidang operasi dan Jawatan Kuasa Latihan Bersama (JKLB) yang mengatur kerja sama bidang latihan.