Pelatihan SAR Di Karangasem

KARANGASEM --- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), I Nyoman Sidakarya, S.H. didampingi Kasi Sumber Daya SAR, Supriono, S.H. dan rombongan melaksanakan audiensi ke Kantor Bupati Karangasem pada Kamis, (4/7/2024). Rombongan Basarnas diterima langsung oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana, S.Pd.,M.Si. didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Karangasem, I Made Sumeka Regen.

Dalam kesempatan itu, Nyoman Sidakarya mengucapkan terima kasi kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem khususnya Bapak Bupati kerana telah banyak memberikan berkontribusi dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Wilayah Kabupaten Karangasem. "Sinergitas antara Basarnas Bali dengan BPBD Karangasem dan Stakeholder lainnya sudah terjalin dengan baik, Hal ini dapat dilihat dari kekompakan personel di lapangan" Terang Sidakarya.

Ditambahkannya, mengingat tingginya angka kecelakaan laut di Kebupaten Karangasem. Dalam waktu dekat Basarnas akan menggelar Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air bagi Potensi SAR di Kabupaten Karangasem.

"kami akan memberikan pelatihan SAR di Permukaan Air bagi Potensi SAR, semoga pelatihan ini dapat memberikan bekal pengetahuan bagi potensi SAR dalam memberika pertolongan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan di pemukaan air" imbuhnya.

Sementara itu,  disisi lain Bupati Dana mengucapkan terima kasih kepada Basarnas yang telah menjadikan Kabupaten Karangasem sebagai tempat pelaksanaan Pelatihan Potensi SAR. "Selain memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi pariwisata bagi Kabupaten Karangasem" Lanjutnya.

Dijelaskannya, Kabupaten Karangasem memiliki panjang garis pantai mencapai 82,5 km, Hal ini tentunya rawan terjadi kecelakaan. Dengan keterbatasan personel dan peralatan tentunya kita harus berkolaborasi dengan Basarnas dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Semoga Pelatihan SAR ini berjalan sukses dan dapat memberikan keterampilan SAR kepada para pesertanya" tutupnya.