Siaga SAR Khusus Lebaran 2024 Resmi Ditutup

Jakarta, Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksda TNI R. Eko Suyatno menutup langsung penyelenggaraan Siaga SAR Khusus Lebaran 2024. Bertempat di Basarnas Command Center, Kantor Pusat Basarnas, Jakarta Pusat, Jumat (19/04/2024).

Sebelumnya pelaksanaan Siaga SAR Khusus tersebut telah berlangsung dari tanggal 3 s.d 19 April 2024 di seluruh wilayah Indonesia dengan baik, lancar dan aman. Dalam sambutannya Deputi menyampaikan adanya penurunan Operasi SAR sebesar 27,13% dibandingkan siaga SAR Khusus 2023.

"Sesuai data yang bersumber dari Basarnas Command Center selama pelaksanaan Siaga Lebaran tahun ini terdapat 94 operasi SAR yang artinya terjadi penurunan Operasi SAR sebesar 27,13% dibandingkan dengan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 yang berjumlah 129 operasi SAR. Sedangkan jumlah korban di luar kejadian bencana sebanyak 164 orang, terjadi penurunan sebesar 76,40% dibandingkan dengan jumlah korban tahun lalu yang mencapai 695 orang." Jelasnya.

Dengan penurunan angka kejadian yang membutuhkan operasi SAR, Basarnas telah melaksanakan amanah pemerintah melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 24 Tahun 2024 tentang Tim Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 1445 H / Tahun 2024 dengan baik.

Basarnas ditunjuk sebagai Koordinator Bidang Pencarian dan Pertolongan, yang bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan pencarian dan pertolongan nasional dalam rangka operasi pencarian dan pertolongan pada peristiwa musibah/ kecelakaan selama berlangsungnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 1445 H / Tahun 2024.

Atas nama Kabasarnas dan institusi, Deops Basarnas juga menyampaikan apresiasi, terima kasih dan harapannya kedepan. "Keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan stakeholder atas kesiapsiagaan dan kolaborasi kita dengan seluruh mitra kerja baik dari unsur K/L, TNI/POLRI, Pemerintah Daerah, BUMN, Potensi SAR, masyarakat serta media.

Meskipun pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran sudah selesai, harapan kita kedepan kesiapsiagaan operasi baik kesiapan personel, alut, dan sarana prasarana harus dijaga dan terus ditingkatkan." ungkapnya. Penutupan Siaga SAR Khusus turut dihadiri langsung para pejabat pimti Madya dan Pratama Basarnas, serta secara daring oleh Para Kepala Kantor SAR, dan Satud PP Lanud ATS Bogor