Sestama Buka Rapat Sosialisasi Rancangan Manajemen Talenta

Jakarta - Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Abdul Haris Achadi didampingi Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana Drs. Mochamad Hernanto, M.M. membuka rapat sosialisasi Rancangan Manajemen Talenta di lingkungan Basarnas. Turut dihadiri Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I Muhlis Irfan. Rapat berlangsung di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jakarta Pusat (Senin, 26/02/2024).

Dalam rapat sosialisasi tersebut membahas beberapa hal antara lain pengembangan talenta dan karier mempertimbangkan kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan kebutuhan instansi pemerintah. Manajemen Talenta berguna menempatkan pegawai untuk memenuhi kebutuhan instansi Pemerintah secara Nasional, atau Instansi Pusat/Daerah, serta pemanfaatan manajemen talenta secara efektivitas (real time) dan efisiensi (low Cost).

Basarnas sendiri telah melakukan benchmarking ke BKD Pemprov Jabar dan Pemprov Bali, serta bekerjasama dengan BKN guna mengasessmen pegawai Kantor Pusat dan UPT (Kantor SAR Jakarta, Banten, dan Balai Pelatihan SDM)

Sementara penilaian dan pemetaan talenta yaitu dengan memberikan masing-masing prosentase penilaian yaitu penilaian kinerja terdiri dari spesifik (kinerja PNS) dan Generik (kreatifitas, partisipasi, tugas pendukung). Sedangkan penilaian potensial terdiri dari potensi, kompetensi, rekam jejak jabatan dan pertimbangan.