Sestama Basarnas Buka Pelatihan Teknis Pencarian Dan Pertolongan Di Bangunan Runtuh Bagi Emergency Response Team Bank Mandiri

Cariu – Basarnas menyelenggerakan Pelatihan Teknis Pencarian dan Pertolongan di Bangunan Runtuh bagi Emergency Response Team Bank Mandiri. Pelatihan dibuka oleh Sestama Dr. Abdul Haris Achadi, S.H., DESS di Gedung Serba Guna Balai Pelatihan SDM Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Cariu, Jonggol, Senin (13/11/2023).


Pelatihan ini merupakan implementasi Undang Undang Nomor 29 Tahun 2014 Pasal 42 yang menyatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pencarian dan pertolongan. Pelatihan ini juga sebagai wujud tindak lanjut MoU 16/KS.01.01/IV/BSN-2020 dan  MoU 04/2020 09 April 2020 lalu antara Basarnas dengan Bank Mandiri.


Proses pelatihan dilaksanakan melalui proses terintegrasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pembentukan sikap perilaku sumber daya manusia pencarian dan pertolongan yang diperlukan dalam operasi pencarian dan pertolongan.


Pelatihan teknis pencarian dan pertolongan di bangunan runtuh bagi Emergency Response Team Bank Mandiri ini merupakan salah satu program Basarnas dalam upaya memperoleh sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan selain sumber daya manusia di lingkungan Basarnas dalam melaksanakan fungsi penyelenggaraan SAR di Indonesia.   


Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan basis pembiyayan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sestama juga mengucapkan terima kasih Kepada  I Made Wahyu Arjaya, Senior Vice President  Bank Mandiri, dan Assisstant Vice President Bank Mandiri, Retnodi, atas kerjasama antara Basarnas dan PT Bank Mandiri 


“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Basarnas dalam pelatihan ini, semoga kegiatan pelatihan ini mampu mengoptimalkan kemampuan sumber daya Emergency Response Team Bank Mandiri pada penanganan kedruratan”  ungkapnya. (bert)