Sempat Terkendala Cuaca Buruk, AkhirnyaTim SAR Gabungan Berhasil Diturunkan Dekat Lokasi Jatuhnya Pesawat

Wamena, (25/6) Tim SAR melanjutkan proses evakuasi setelah sebelumnya terkendala cuaca buruk. Tim SAR gabungan melaksanakan breafing operasi, 6 personil 3 dari basarnas dan 3 paskhas diterbangkan menggunakan Heli Caracal pada pukul 08.54 wit menuju lokasi kejadian, pada pukul 09.45  wit tim SAR berhasil turun ke lokasi dekat jatuhnya pesawat dengan teknik rapling dari heli untuk melanjutkan proses evakuasi.

Kasi operasi dan siaga Jayapura menyampaikan kondisi medan yang sangat sulit dan terjal sehingga hari ini tidak dapat melakukan evakuasi dan tim SAR gabungan bermalam disana. Direncanakan besok akan di tambahkan 6 personil lagi ke lokasi guna membantu proses evakuasi.

Senin(26/6) sebanyak 6 personil tambahan berhasil diturunkan di dekat lokasi jatuhnya pesawat dengan menggunakan teknik rapling dari Heli Caracal TNI AU. Keenam personel tersebut terdiri dari 3 rescuer Basarnas dan 3 personil Kopasgat.

Kasi Operasi dan Siaga Jayapura Marinus menyampaikan " keenam personil tiba di lokasi jam 10.55 WIT, personil tambahan ini kami bekali dengan logistik, chainsaw, tabung oksigen portable dan alat lainnya,  saat ini total 12 personil sudah di sekitar area LKP dan, sedang berusaha untuk menjangkau titik koordinat jatuhnya pesawat" tegasnya

Medan yang sangat terjal dan cuaca yang bisa berubah setiap saat menjadi tantangan dalam proses evakuasi. Saat ini tim SAR gabungan masih belum bisa mencapai titik jatuhnya pesawat karena kabut tebal. Kedua belas personel selanjutnya beristirahat, dan direncanakan akan melanjutkan evakuasi selasa pagi.