Rescuer Kantor SAR Medan Ikuti latihan SAR Beregu Teknik Pencarian dan Pertolongan di Arus Deras

Dalam rangka meningkatkan kompetensi rescuer pada Operasi Pencarian dan Pertolongan di sungai khususnya arus deras,  rescuer Kantor SAR Medan menjadi peserta dalam Kegiatan latihan SAR Satuan Teknik Pencarian dan Pertolongan arus deras.

Latihan SAR Beregu rescuer yang diadakan selama tiga hari dan bertempat di Sungai Bingei Desa Namu Sira-sira Kab. Langkat ini secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Kantor SAR Medan, Budiono,S.E.,M.M. pada Senin (26/06) lalu dan ditutup siang tadi Pukul 12.00 Wib.
 Dalam sambutannya Budiono mengharapkan agar  setiap materi dikelas, praktek, sampai pada tahap simulasi yang diterima oleh Rescuer kiranya menjadi ilmu yang sangat bermanfaat dan dapat teraplikasi pada pelaksanaan Operasi SAR. Memang, selama ini para Rescuer sudah sering melakukan operasi SAR di sungai namun latihan SAR beregu kali ini untuk lebih memantapkan kemampuan Rescuer agar Pelaksanaan Teknik Pencarian dan Pertolongan di arus deras Sesuai dengan Prosedur Penyelamatan. Para Rescuer juga lebih mampu untuk melakukan evakuasi korban di sungai yang memiliki arus cukup deras dengan respon time yang baik.

Pada pelaksanaan praktek di lapangan, peserta ditugaskan untuk melakukan pencarian dan Pertolongan kepada korban yang terseret arus Sungai Bingei yang dikenal memiliki struktur arus yang cukup deras baik melalui metode pencarian dan penggunaan Alut kemudian jika korban sudah ditemukan maka bagaimana tim harus mengevakuasi korban keluar dari derasnya arus sungai dengan penanganan cepat dan aman . Hingga Rabu, 28/06 sekitar pukul 12.00 wib, Latihan SAR beregu ini resmi ditutup oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan dan semua peserta melaksanakan kegiatan latihan dengan aman dan berjalan baik.(Hms)