Basarnas Laksanakan Refresh Heli Rescue Merupakan Rangkaian Giat Siaga SAR Khusus Bali International Air Show

JIMBARAN --- Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongam Basarnas, Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M. menyaksikan langsung latihan Heli Free Jump yang dilakukan oleh para peserta dari Basarnas Special Group (BSG) bersama beberapa perwakilan personil dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Surabaya dan Denpasar. Latihan basah dilaksanakan pada hari ini, Senin (16/9/2024) bertempat di Hanggar Heli Basarnas Kelan dan Pantai Muaya.

Sebanyak 23 personil diterjunkan dari Heli Dauphin HR 3603 dengan ketinggian kira-kira 10 ft, selanjutnya mereka berenang menuju bibir pantai. Keseluruhannya terbagi dalam 5 (lima) sorti, dimana masing-masing sekitar 5 (lima) orang rescuer dan seorang jumping master.


Dalam wawancara singkatnya, Kabasarnas mengutarakan bahwa latihan ini merupakan serangkaian tahap penyiapan personil dalam gelaran Bali International Air Show. "Basarnas yang terlibat dalam standby sudah kita latihkan di H-2, dari kemarin sudah di drill kering," ungkapnya. Pada Siaga SAR Khusus kali ini Basarnas melibatkan total 100 personil yang disiagakan. Bahkan juga melibatkan Tim Medis dari RS Nusa Medika, yang menggerakkan 1 (satu) unit
Ambulance, Dokter serta Tenaga Perawat. "Ada 2 (dua) Heli Alut dari Surabaya dan ATS Bogor," imbuhnya.

Kegiatan refresh ini masih akan dilanjutkan besok dengan materi Praktek Latihan Kering Heli Rapeling, bertempat di Hanggar Basarnas-Kelan.(ay/hms.dps).