RDP Basarnas Bahas Evaluasi Siaga Nataru 2024

JAKARTA – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Kamis (18/1), di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta Pusat. Pertemuan ini membahas Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Rapat dibuka langsung oleh Ketua Komisi V Ketua Komisi V Lasarus, S.Sos., M.Si didampingi Wakil Ketua dan dihadiri oleh para anggota Komisi V DPR RI. Selain Basarnas Turut hadir mitra kerja Komisi V DPR RI lainnya yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG); Kementerian Perhubungan; Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR); dan Korps Lalu Lintas (Korlantas),

Dalam pemaparannya Kabasarnas menuturkan bahwa untuk efektifitas dan efisiensi pelaksanaan Siaga SAR Khusus, posko- posko siaga di tempat-tempat strategis tersebut dilengkapi dengan drone thermal yang berguna untuk memantau arus lalu-lintas, memetakan jalur evakuasi, dan melaksanakan searching pada saat terjadi operasi SAR.

“Hal ini dilaksanakan sebagai salah satu strategi untuk mitigasi SAR karena potensi kedaruratan dapat diketahui lebih cepat, sehingga langkah-langkah preventif untuk mencegah atau mengurangi jumlah korban jiwa dapat dilakukan”, ungkapnya.

Ditambahkan Kabasarnas, operasi SAR selama siaga khusus didominasi kondisi kedaruratan di perairan baik yang disebabkan oleh kecelakaan kapal, bencana alam, maupun kondisi membahayakan manusia lainnya.  

"Laka kapal didominasi oleh mati mesin dan kebanyakan tidak dilengkapi dengan Emergency Positioning Indicating Radio Beacon (EPIRB).  Secara umum pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berjalan dengan optimal sesuai dengan rencana karena sinergi Basarnas dengan stakeholders terkait,"sambungnya.

”Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Perhubungan, Kementrian PUPR, TNI/POLRI, BMKG, Pemerintah Daerah, dan seluruh Kementrian/Lembaga serta Potensi SAR yang telah mendukung Basarnas dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus’, tutupnya.