Pelatihan Basarnas dan Potensi SAR Di Bali

Karangasem --- Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta, S.T. M.T.membuka secara resmi Pelatihan Potensi SAR Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air di Kabupaten Karangasem Senin pagi, (8/7/2024). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar ini  melibatkan sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari unsur TNI/Polri, instansi pemerintah, organisasi masyarakat, resimen mahasiswa serta masyarakat umum.

Dalam sambutan Bupati Karangasem yang dibacakan Sekda Karangasem mengatakan bahwa Kabupaten Karangasem dengan garis pantainya yang panjang  dan berbagai aktivitas perairan, tentunya dihadapkan pada berbagai tantangan dan resiko, salah satunya kecelakaan kapal dan kondisi membahayakan manusia.

Ditambahkannya, Pelatihan yang dilaksanakan ini sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam menanggapi peningkatan kompetensi bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan yang ada di daerah khususnya.

Di lain sisi, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan  Basarnas : Marsekal Pertama TNI Siswanta, S.E. dalam sambutannya mengatakan Basarnas menyadari dengan terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, keterlibatan potensi SAR dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan 

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Basarnas dalam membangun karakter bangsa dan pencegahan di Bidang SAR.

"harapannya setelah mengikuti pelatihan ini bapak dan ibu semua dapat membantu dalam operasi pencarian dan pertolongan, dengan cepat, tepat dan aman serta mempererat sinergitas dan koordinasi antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar dengan Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan Potensi SAR di Kabupaten Karangasem" imbuhnya.

Pelatihan ini akan berlangsung selama tujuh hari mulai 8 s.d 14 juli 2024 mendatang dengan melibatkan sekitar 17 orang Instruktur yang telah mimiki kompetensi dibidangnya. Peserta yang dinyatakan lulus apabila telah melewati 72 JP (Jam Pelajaran) dan mendapatkan sertifikat pelatihan. (krs- Hms)