Rapat Dengar Pendapat Evaluasi Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2023

Jakata - Komisi V DPR-RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Evaluasi Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran (TA) 2023, program/kegiatan Tahun Anggaran 2024, dan perubahan iklim global serta antisipasi cuaca ekstrim di ruang rapat Komisi V DPR-RI, Rabu (08/11).


Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI Kusworo S.E.,M.M didampingi Pejabat Tinggi Madya dan Pratama turut serta dalam RDP ini bersama dengan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.


Kabasarnas memaparkan terkait realisasi untuk TA 2023 dimana realisasi keuangan dan fisik Basarnas mencapai 77,51% dan 83,02%. Realisasi anggaran program pencarian dan pertolongan pada kecelakaan dan bencana sebanyak 72,77%, dan realisasi fisik mencapai 77,85%. Sementara untuk realisasi anggaran program dukungan managemen mencapai 83,07% dan realisasi fisik mencapai 89,96%. Tidak hanya itu Kabasarnas juga menjelaskan pelaksanaan operasi SAR yang sudah dilaksanakan oleh seluruh UPT sampai 31 Okrober 2023.


“Sampai dengan Oktober 2023 Basarnas telah melaksanakan operasi SAR sebanyak 2036 kejadian, Beberapa Latihan SAR baik secara nasional maupun internasional, Pengelolaan sarana dan prasarana SAR, pengelolaan sistem komunikasi SAR dan pelatihan tenaga SAR sebanyak 973 orang untuk pegawai maupun potensi SAR.” ungkapnya


Sementara itu, untuk rencana kegiatan prioritas Basarnas ditahun 2024 antara lain peningkatan pelaksanaan operasi SAR dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, dukungan manajemen, penyediaan Sarana dan Prasana Diklat, Pembinaan Potensi SAR dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Pengembangan Sarana dan Prasarana melalui inovasi dengan pemanfaatan teknologi.


Dalam RDP ini, Komisi V DPR RI meminta Basarnas dan BMKG untuk melakukan penguatan mitigasi terhadap perubahan iklim global, meningkatkan literasi iklim kepada masyarakat dan seluruh stakeholder, serta penguatan SDM dalam mendukung ketahanan iklim.