Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR - Evaluasi APBN 2024

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo didampingi pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Basarnas hadir mengikuti rapat dengar pendapat (RDP), Selasa (27/8/204). Rapat bersama Komisi V DPR RI di Gedung Nusantara ini membahas terkait evaluasi APBN 2024, laporan keuangan 2023, dan RKA K/L dalam nota keuangan 2025.

Dihadapan Komisi V DPR RI, Kepala Basarnas memaparkan ketiga hal tersebut serta mengusulkan untuk diberikan penambahan anggaran 2025. Menanggapi pemaparan Kabasarnas, Komisi V DPR RI pertama-tama memberikan apresiasi kepada Basarnas terhadap hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta meminta meningkatkan kinerja guna mempertahankan capaian opini tersebut di tahun mendatang. Komisi V juga meminta Basarnas untuk meningkatkan capaian serapan APBN TA 2024 sesuai saran dan masukannya.


Terkait usulan kenaikan pagu anggaran, Komisi V DPR RI memahami alokasi anggaran Basarnas dalam RAPBN TA 2025 dan menyambut baik usulan tersebut.

"Terkait dengan usulan kenaikan anggaran 2025, Komisi V DPR RI akan memperjuangkan sesuai dengan mekanisme pembahasan RUU APBN TA 2025," ujar Ketua Komisi V DPR RI.

Selanjutnya Komisi V meminta Kepala Basarnas untuk meningkatkan kinerja dan mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian terhadap laporan keuangan dengan 2023. Selain itu Komisi V juga meminta agar Basarnas meningkatkan pembinaan dan pelatihan potensi SAR untuk mendukung penyelamatan dan evakuasi dalam operasi SAR; meningkatkan jumlah personil khususnya didaerah yang rawan bencana; dan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya dalam rangka melakukan upaya penyelamatan saat terjadi bencana.