Pesawat PT-SAM Air Hilang Kontak di Papua

Jayapura- Sebuah Pesawat Caravan milik PT SAM AIR rute bandara ELELIM menuju bandara POIK hilang kontak. Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura menerima informasi informasi dari bpk. Wilson( AIRNAF SENTANI) pada pukul 11.00 WIT (23/6)

Menerima informasi tersebut Kantor SAR Jayapura berkoordinasi dengan pihak terkait tentang berita ini. Diketahui pesawat dengan nomor registrasi PK-SMW ini membawa 6 orang yang terdiri 2 kru dan penumpang 4 orang. Pukul 15.15 WIT anggota pos SAR Wamena bersama bersama Potensi sar melakukan pencarian menggunakan heli Intan. Bangkai pesawat berhasil ditemukan pada koordinat 4°02'46.32"S 139°21'28.20" E dengan kondisi melengeluarkan asap. Karena cuaca buruk evakuasi belum bisa dilaksakan.

Kepala seksi operasi Kantor SAR Jayapura, berkoordinasi dengan Lanud Silas Papre untuk menggunakan heli dari TNI AU dalam proses evakuasi. Sabtu, (23/6) Heli Caracal milik TNI AU dirterbangkan dari Sentani dan mendarat di Wamena pukul 10.26 WIT.

Selanjutnya Basarnas bersama Crew Caracal, Kopasgat dan pihak terkait melaksanakan briefing evakusi dan latihan kering sebelum akhirnya tim SAR gabungan diberangkatkan menuju lokasi. Pukul 13.15 WIT tim SAR gabungan dengan kekuatan 3 orang rescuer Basarnas dan 3 orang anggota Kopasgat menuju lokasi kejadian.

Dikarena kabut tebal dan angin kencang tim SAR gabungan tidak bisa turun untuk melakukan evakuasi. Dengan pertimbangan kondisi di lapangan tim SAR kembali ke Bandara Wamena dan proses evakuasi akan dilaksanakn esok hari.