Persiapan Peningkatan Tim INASAR Menuju INSARAG Heavy USAR Team

Jakarta, Rabu (31/1) Basarnas menyelenggaraan rapat konsinyering untuk peningkatan Tim INASAR menuju INSARAG Heavy USAR Team Tahun 2025. Rapat ini dilaksanakan secara hybrid di Hotel Orchard Industri Jakarta dan secara daring. 

Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan (Deops)  Laksamana Muda TNI R. Eko Suyatno, S.E.,M.M membuka secara langsung rapat persiapan dari medium menjadi heavy USAR Team yang melibatkan juga stakeholder terkait.

Dalam sambutannya Deops menyampaikan kehadiran perwakilan dari kementerian dan lembaga menunjukkan komitmen bersama untuk mendukung langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam penanganan bencana. ”Mari kita manfaatkan rapat ini dengan sebaik-baiknya untuk berdiskusi secara konstruktif dan menghasilkan langkah-langkah konkret yang akan mendukung proses peningkatan klasifikasi INASAR melalui pendekatan inklusivitas.” ungkapnya.

Selanjutnya rapat dipimpin oleh Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan Anggit Mulyo Satoto. Pada kesempatan ini juga dipaparkan tentang tim INASAR mulai dari apa itu Tim INASAR, proses INSARAG External Classification (IEC) Medium USAR pada tahun 2019, pengalaman yang sudah dilakukan tim INASAR, komposisi tim yang dibutuhkan, kualifikasi yang dibutukan, mentor yang membantu proses IEC Heavy USAR Tim serta perkiraan dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses, serta jadwal latihan dan perisiapan lainya yang diperlukan untuk mendapatkan klasifikasi Heavy Usar Team tahun 2025. 

 

Turut hadir pula Direktur Operasi, Kepala Biro Keuangan dan Perencanaan, Kepala Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan, Anggota tim INASAR, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Sekretariat Kabinet,  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial RI, Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia RI, Asisten Operasi Panglima TNI, Baharkam POLRI, Badan  Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), PT. Freeport, PT. ASTRA, PT. Buma, PT. PAMA, PT. Berau Coal, RS. YARSI, RS. Cipto Mangunkusumo, SAR DOG Indonesia.