Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laksda TNI R. Eko Suyatno secara resmi menutup pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laksamana Muda TNI R. Eko Suyatno secara resmi menutup Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kamis (4/1/2024). Berlangsung di Basarnas Command Centre (BCC), penutupan ini juga diiikuti secara langsung Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) melalui virtual. 

Penutupan diawali dengan laporan dari Direktur Siaga Agus Haryono serta pemaparan dari tiga perwakilan Kantor SAR yakni Jambi, Mamuju, dan Surabaya.

Dalam sambutannya Deputi menuturkan perintah penutupan ini dilakukan setelah Siaga SAR Khusus Nataru secara nasional resmi ditutup pagi tadi.

 

“Penutupan ini dilakukan setelah Direktur Siaga mendapatkan arahan dari Kabadan karena tadi pagi sama-sama kita ikuti seluruh UPT mengikuti penutupan siaga nataru secara nasional yang ditutup oleh Menteri Perhubungan sehingga siang hari ini saya diminta untuk menutup,” ujar Deputi.
Lebih lanjut disampaikan bahwa keberhasilan siaga nataru tidak lepas dari dukungan unit kerja di Basarnas baik di Kantor Pusat, Kantor SAR, Satud PP, Wings Udara 400 maupun dukungan seluruh potensi SAR. 

“Pelaksanaan siaga juga didukung oleh sarana prasarana yang baik sehingga dapat dilaksanakan di lokasi-lokasi strategis secara efektif dan efisien. Siaga kali ini juga memanfaatkan peralatan yang sudah disiapkan yaitu penggunaan drone secara nasional dan langsung bisa dimonitor oleh BCC. Ini adalah suatu peningkatan luar biasa dan terima kasih kepada seluruh kepala UPT yang telah mebimbing para personil dengan baik,” sambungnya.

Diakhir sambutannya, Deputi mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang telah membantu dan mendukung jalannya Siaga SAR Khusus Nataru baik dari internal Basarnas maupun instansi lain yang juga terlibat.

“Kepada seluruh kepala kantor terus melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas dan tetap semangat dengan spirit Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa,” tutupnya.