Pembukaan Training Exercise Tim Urban SAR Indonesia

Jakarta (13/5/24), penyelenggaraan training exercise bagi Tim Indonesia Search and Rescue  (INASAR) merupakan proses pemenuhan standar minimum Tim Urban Search and Rescue (USAR) dalam rangka menyiapkan pemenuhan ketentuan Internasional Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) melalui  reklasifikasi pada level medium atau rencana peningkatan ke level heavy class. 

Pada tahun 2019 hingga saat ini tim INASAR telah mencapai predikat tim Urban Internasional level medium. INASAR juga memperoleh apresiasi dunia atas partisipasinya dalam misi penyelamatan gempa bumi Turki pada Bulan Februari 2023 silam. 

Kabasarnas Marsekal Madya TNI Kusworo mengharapkan pada training exercise kali ini tim dapat mengukur tingkat pemahaman dan kesiapan guna mengevaluasi kembali pemenuhan kompetensi masing-masing baik secara individu ataupun tim terhadap Standart Operational Procedure (SOP) sesuai ketentuan INSARAG. 

Persiapan Tim INASAR ini akan lebih komperhensif baik dari sisi dokumen, kompetensi personel, peralatan, kolaborasi, serta dukungan kementerian lembaga lainnya. Wujud dari kolaborasi semakin ditunjukkan dalam komposisi tim INASAR yang kali ini semakin majemuk, karena bukan hanya dominasi dari tim Basarnas tetapi juga sinergi bersama dengan perwakilan kementerian, lembaga, badan usaha, swasta, dan ekspertis. 

"Saya berharap kalian membangun dan membina hubungan kerja sama dengan komunikasi dan koordinasi dengan baik atas nama merah putih. Ingat, kita tidak dapat bekerja sendiri. Semangat kita adalah Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa," tegas Kabasarnas.