Pelantikan dan Pisah Sambut Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas

Marsekal Pertama TNI Alkaf Widija P, S.E., M.M. resmi menjabat sebagai Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas menggantikan Marsekal Pertama Danang Setyabudi yang mendapatkan tugas baru sebagai Staf Khusus KSAU, Kamis (16/11/2023). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo bersamaan dengan beberapa pegawai fungsional tertentu.

Ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi diberikan Kepala Basarnas kepada Marsma TNI Danang Setyadi atas segenap dedikasi dan dharma bhakti selama bertugas.


Kabasarnas menuturkan selain sumber daya manusia dan dukungan dari Potensi SAR, sarana prasarana menjadi pilar utama yang menentukan keberhasilan operasi SAR. Sarana mencakup peralatan dan fasilitas yang diperlukan, sementara prasarana melibatkan struktur pendukung dan infrastruktur sehingga keduanya menciptakan lingkungan yang memungkinkan pelaksanaan tugas dengan efisien dan efektif.

“Sarana prasarana yang kita miliki saat ini, baik darat, laut, maupun udara, cukup banyak dan beragam. Untuk itu semuanya harus kita rawat, kita pelihara dengan sebaik-baiknya. Orientasinya, ketika kita butuhkan untuk operasi SAR, semua sarana prasarana itu siap dan harus dalam keadaan ready. Dengan demikian, kita mampu mengimplementasikan motto kita : quick action,” ujarnya.


Ditambahkan Kabasarnas saat ini masih banyak yang harus diperbaiki dan itu semua menjadi tugas Direktur Sarana Prasarana beserta tim.

“Perbaikan tidak hanya di Kantor Pusat, tetapi juga hingga ke unit siaga. Saya percaya, Direktur Sarpras yang baru memiliki komitmen dan kapasitas untuk mengurus sarana prasarana yang ada di Basarnas agar lebih baik dan lebih baik lagi," lanjutnya.

"Ingat, Basarnas adalah tempat kita mengabdi untuk bangsa dan negara. Basarnas adalah ladang amal dan ibadah kita. Kita adalah Basarnas. Basarnas adalah kita. “Satu Jiwa, Satu Rasa”, pungkasnya.