Menyelisik Kejadian di Pantai Kelingking Kemarin, Basarnas Bali Jajaki Kerja Sama dengan Air Bali

 

Denpasar --- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, S.H. didampingi Kasi Operasi dan Siaga, I Wayan Suwena, S.H. dan Kasi Sumber Daya, Supriono, S.H. melaksanakan Kunjungan ke penyedia jasa penerbangan SGi Air Bali pada Hari Rabu, 19/6/2024 pukul 15.00 Wita.

Kunjungan koordinasi tersebut diterima langsung oleh Chief Executif Officer SGi Air Bali, Francois Lassale beserta jajarannya. Dalam kunjungan tersebut, Sidakarya memberikan apresiasi kepada SGi Air Bali kerena telah memfasilitasi sarana Helikopter dalam proses evakuasi WNA asal Qatar yang mengalami kecelakaan saat berenang di Pantai Kelingking Nusa Penida.
"Meskipun medannya sangat sulit untuk melakukan pendaratan helikopter, namun evakuasi berjalan dengan baik" tarangnya.

Ditambahkannya, kujungan wisatawan asing dan domestik ke pulau Nusa Penida cukup tinggi. Hal ini tentunya meningkatkan resiko akan terjadinya kecelakaan. Untuk itu diperlukan penanganan yang cepat dan tepat kepada para wisatawan yang memerlukan bantuan.

"Selanjutnya, hasil dari pertemuan ini akan kami tindaklanjuti melalui Perjanjian Kerjasama antara Basarnas Bali dengan SGi Air Bali di bidang Pencarian dan Pertolongan serta pelatihan keselamatan" imbuhnya.

Disisi lain, Francois Lassale menyambut baik langkah yang diambil oleh Basarnas Bali. Dengan Perjanjian Kerja Sama pihak Basarnas dan SGi Air Bali bisa melaksanakan latihan bersama seperti latihan Hoist dan Evakuasi Medis Udara.

Dengan dilaksanakannya latihan gabungan ini tentunya memudahkan Pilot Helikopter saat melaksanakan evakuasi pada medan yang sulit. (krs.Hms)