Longboat Tenggelam, 7 Orang Berhasil Diselamatkan

Ambon (22/05) - Sekitar pukul 10.10 wit, Gleen Tehupuring Koordinator Pos SAR Saumlaki menerima informasi dari Bapak Angky Samangun melaporkan, pada pukul 08.16 wit sebuah longboat berpenumpang 7 orang dihantam gelombang dan tenggelam di sekitar perairan Tanjung jasi Kab, Kepulauan Tanimbar.

Pos SAR Saumlaki merespon cepat laporan laka laut tersebut dengan mengerahkan satu Tim Rescue menuju lokasi kejadian guna melaksanakan Operasi SAR.

Pukul 10.30 wit, dengan menggunakan Kapal Patroli Polairud Saumlaki Tim SAR Gabungan bergerak menuju Tanjung jasi dengan jarak -+ 18Nm arah barat laut dari Pos SAR Saumlaki. Empat jam perjalanan sekitar pukul 14.27 wit, Tim SAR Gabungan tiba dilokasi kejadian dan berhasil mengevakuasi ketujuh korban dengan selamat. Seluruh korban kemudian dibawa menuju Kota Saumlaki guna mendapatkan perawatan.

Menurut keterangan salah satu korban, "kami berangkat dari Pulau Sera menuju Kota Saumlaki. Namun ditengah perjalanan tepatnya di sekitar perairan Tanjung Jasi kami dihantam gelombang dan tenggelam, beruntung kami semua berhasil berenang ke pulau terdekat. Kami pun langsung mengabari keluarga untuk meminta pertolongan Basarnas untuk evakuasi.

Data korban :
Fransikus Layan 34
Engelbertus 44
Yohanes longdar 48
Samon Samangun 34
Mateus Samangun 47
Thomas Lutur Mas 33
Agus Lanyabar 28

Dengan ditemukannya korban, maka Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh Unsur Potensi SAR dikembalikan ke satuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih. (Riz/nrl)