Kunjungan Kerja ke Pos SAR Batam, Kabasarnas Menjadi Saksi Penandatanganan LOCA

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M. melaksanakan kunjungan ke Pos SAR Batam, Selasa (14/11/ 2023).

Adapun agenda kunjungan kali ini adalah pengarahan kepada seluruh pegawai dan menyaksikan penandatanganan Letter of Coordinationn Agreement (LOCA).


Dalam pengarahan kali ini, Kabasarnas memberikan penjelasan mengenai beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seluruh pegawai. Kabasarnas menekankan, seluruh pegawai wajib memelihara serta merawat aset yang dimiliki oleh masing-masing Kantor SAR. Selain itu, Kabasarnas juga mengharapkan sumber daya yang ada di lingkungan Basarnas dapat lebih ditingkatkan baik dari segi peralatan SAR maupun dari manusianya.

"Saya harap, kedepannya, selama satu bulan sekali, kita dapat melaksanakan zoom meeting untuk membahas mengenai kondisi yang ada di tiap kansar, baik itu kondisi pegawai, peralatan SAR, maupun permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan kerja", ungkapnya.


Usai memberikan pengarahan, Kabasrnas menyaksikan penandatanganan LOCA antara Kantor SAR Banda Aceh, Pekanbaru, Tanjungpinang, Natuna, dan Nias dengan Otoritas Bandara Wilayah II. Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk dan fungsi yang dilaksanakan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) yang mengharuskan kedua otoritas memiliki perjanjian kerjasama tentang pengaturan koordinasi pada keadaan marabahaya pesawat udara.

Terkait penandatanganan LOCA Kabasarnas mengatakan, sebagai leading sector bidang pencarian dan pertolongan, Basarnas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan apabila ada kecelakaan pesawat udara dan berharap kerjasama ini dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat secara lebih optimal.



Diakhir kunjungannya Kabasarnas didampingi Deputi Bidang Operasi dan Siaga Laksamana Muda TNI R. Eko Suyanto S.E.; Deputi Bidang Sarpras Marsekal Muda TNI Fakhrizet S.E., M.M.; Inspektur  Brigjen TNI I Nyoman Pawarta, S.E., M.Si., M.Tr. (Han); Direktur Sarpras Marsekal Pertama TNI Danang Setyabudi; Kepala Biro Renkeu Marsekal Pertama TNI Siswanta, S.E.; dan Kepala Biro Kumker Iwan Rosyadi, S.S.peninjauan docking KN SAR Ganesha 106.