Kunjungan Kabasarnas ke Pelabuhan Merak Pantau Persiapan Angkutan Nataru 2023-2024 dan Rentang Siaga Khusus

Kabasrnas  bersama jajarannya, melaksanakan kunjungan ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, untuk memantau persiapan Angkutan Nataru 2023-2024. Pelabuhan ini menjadi hub vital yang menyambungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Kabasrnas menyampaikan bahwa pihaknya turut memeriksa secara langsung alut darat, alut udara, dan personel pengamanan Nataru di Pelabuhan Merak. Basarnas juga mengerahkan drone thermal untuk memantau kondisi dan mengantisipasi situasi darurat.

“Operasi SAR diterapkan untuk mengantisipasi potensi risiko pada Angkutan Nataru 2023-2024. Kita harus siap menghadapi hal terburuk dan selalu berdoa untuk keselamatan. Sesuai instruksi pemerintah pusat, Basarnas  menyiagakan 3 (tiga) pos di Pulau Jawa yang dilengkapi dengan helikopter dan kapal. Sektor pariwisata juga menjadi fokus utama Basarnas, dengan pemantauan intensif terhadap Objek Wisata Pantai Anyer untuk mengantisipasi potensi bahaya.

Dalam rangka Rentang Pelaksanaan Siaga Khusus dari 18 Desember sampai dengan 7 Januari, Kabasarnas mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada. Selain itu, untuk keadaan darurat, masyarakat diharapkan menghubungi nomor kontak emergency Basarnas 115 atau Kantor SAR Banten melalui nomor 08111915115.

Kepala Kantor SAR Banten, Adil Triyatno, menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan penempatan personel di lokasi wisata seperti Lebak, Pandeglang, dan Anyer untuk mengamankan wisatawan selama liburan.