Koopsud III Libatkan 31 Rescuer Dalam Latihan Kasuari Perkasa di Biak

Biak - Sebanyak 31 Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kantor Sar) Biak terlibat dalam Latihan Matra Udara II Komando Operasi Udara III (Koopsud III) yang diselenggarakan di Pangkalan Udara Manuhua Biak, Jumat (26/05/2023).
Kegiatan latihan yang dilaksanakan dengan metode gladi posko dan manuver lapangan melibatkan sebanyak 350 personil gabungan dari unsur TNI/POLRI, Basarnas, BPBD dan Pramuka Saka Dirgantara.

Pangkoopsud III Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M yang didampingin oleh Pimpinan satuan serta instansi terkait turut hadir untuk melihat jalannya proses latihan hingga selesai.

Dalam mensimulasikan tentang cara penanggulangan bencana di konsep umum latihan Kasuari Perkasa, salah satu bagian tugas dari Tim Rescue adalah melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimbun reruntuhan bangunan dengan membuat akses masuk ke dalam bangunan menggunakan peralatan ekstrikasi untuk evakuasi korban. Proses evakuasi menggunakan metode Urban Search and Rescue atau yang lebih dikenal dengan istilah Urban Sar.
Kegiatan latihan kali ini cukup mencuri perhatian tamu undangan saat proses terjadinya gempa bumi dan gelombang tsunami ditandai dengan ledakan TNT.

Kepala Kantor Sar Biak Aris Sofingi, S.E., M.M yang turut dari untuk menyaksikan proses jalannya latihan berharap agar sinergitas yang tercipta dapat terjalin dengan baik dalam menjalankan misi kemanusiaan.

Selain personil yang terlibat, alutsista yang digunakan meliputi pesawat intai TNI Angkatan Udara jenis CN-235 MPA, pesawat angkut ringan CN-235 milik Skadron Udara 27 Lanud Manuhua, helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sandjaya, Bogor, Jawa Barat serta melibatkan kendaraan taktis satuan terkait. Hms4_