Kolaborasi Basarnas - Astra Hadapi Kegawatdaruratan

JAKARTA – Emergency Response Team SAR Astra unjuk kebolehan di lapangan kantor pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jl Angkasa, Blok B15 Kav 2-3, Kemayoran, Jakarta Pusat.Selasa (15/10/2024). Bersama tim Saka SAR (Pramuka), mereka menggelar simulasi pemadaman api dan menyelamatkan korban tertimpa reruntuhan dengan teknik Collapse Structure Search and Rescue (CSSR).

Simulasi tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Astra Rescue Summit 2024. Kegiatan yang dimulai sejak bulan Agustus 2024 lalu itu melibatkan 37 Unit Tanggap Darurat (UTD), terperinci 30 tim dari grup PT Astra International tbk dan 7 dari instansi lain. Ada 4 challenge yang dipertandingkan, masing-masing SAR Excellent yang fokus pada kemampuan pencarian dan pertolongan, Fire Fighting dengan penekanan pada penanggulangan kebakaran, Fitness Drill untuk menilai ketahanan fisik rescuer, dan Water Rescue untuk menguji kemampuan penyelamatan di air.  

Sebelum simulasi, mereka melaksanakan apel Potensi SAR yang dipimpin Sekretaris Utama (Sestama) Basarnas Abdul Haris Achadi mewakili Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo yang sedang menjalankan dinas luar. Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Astra Tiffani Boer dan jajaran serta 500 undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Sestama menegaskan bahwa peran Potensi SAR dalam penyelenggaraan SAR sangat penting. Kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dunia usaha, media, dan masyarakat sangat menentukan kesuksesan misi operasi SAR.

“PT Astra International selama ini telah menunjukkan dedikasi, kesiapsiagaan, dan telah terlibat langsung pada berbagai operasi SAR di tanah air. Kegiatan ini memperlihatkan kepada kita semua akan pentingnya kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan swasta serta komunitas dalam membangun kesiapansiagaan dalam rangka menghadapi kegawatdaruratan, baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia yang mengancam masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Riza Deliansyah selaku Chief of Corporate Affair Astra mengungkapkan bahwa seluruh Unit Tanggap Darurat Astra di wilayah siap mendukung penyelenggaraan SAR. “Kami siap bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sejahtera bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Rangkaian kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan Colour Guard & Marching Band dan diakhiri dengan awarding ceremony bagi para pemenang challenge Astra Rescue Summit 2024. (*)