KM. Silvia 01 Mati Mesin, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Timika - Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Rabu siang 19/06 menerima laporan dari Sumarwito (keluarga korban) bahwa ada sebuah kapal nelayan KM. Sivia 01 POB 4 orang mengalami mati mesin di perairan Timika. 

Mendapati laporan tersebut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika I Wayan Suyatna, S.H.,M.M. melalui Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery, S.E. langsung memberangkatkan tim SAR gabungan menggunakan RBB 600 PK menuju lokasi yang di laporkan. 

Pukul 18:00 tim SAR gabungan kembali dari pencarian KM. Silvia 01 dengan hasil nihil.

Hari kedua tim SAR gabungan dengan menggunakan RBB 600 PK melakukan penyisiran di lokasi yang dikabarkan pihak pelapor menjadi posisi terakhir KM. Silvia 01. Namun pencarian yang berlangsung hingga pukul 18:00 tersebut belum juga membuahkan hasil. 

Tim SAR Gabungan juga mengerahkan RIB 400 PK untuk membatu proses pencarian ke arah tengah laut dengan memperhitungkan arah angin dan arus laut perairan Arafura. Pencarian yang lebih mengarah ke barat perairan Timika tersebut juga belum juga membuahkan hasil.

Direncanakan pencarian akan kembali dilanjutkan Kamis pagi (21/6/2024) dengan memperluas area pencarian dengan perhitungan arah dan kecepatan angin serta arus laut Arafura.