Kepala Basarnas Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila

Jakarta,(01/06) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsdya TNI Henri Alfiandi menghadiri upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila didampingu Sekertaris Utama Basarnas Dr. Abdul Haris Achadi, SH., DESS di Monumen Nasional, Jakarta.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini juga dihadiri seluruh pejabat negara dengan mengenakan busana adat. Presiden Joko Widodo, yang kerap disapa Jokowi, bertindak sebagai Inspektur Upacara juga mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli.

Mengawali sambutannya Jokowi menyampaikan ditengah krisis yang melanda dunia Indoneisa merupakan salah satu negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik, inflansi terkendali prestasi tumbuh lapangan kerja bertambah, ini berkat pondasi Ideologi Pancasila.

“Semua itu Pondasinya ideologi Pancasila, ideologi yang harus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa,“ ungkap Jokowi.

Jokowi juga menyampaiakan Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Contohnya seperti presidensi G20 yang sukses dilaksanakan serta Keketuaan ASEAN di tahun 2023 merupakan bukti bahwa Pancasila bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

Diakhir sambutannya Jokowi menegaskan bahwa kita Indonesia yang tidak dapat didkte oleh siapapun, didikte negara manapun, namun selalu siap kontribusi bagi dunia.