Ke IKN, Kabasarnas Tinjau Infrastruktur

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (15/1/2024). Kepala Basarnas didampingi Pejabat Tinggi Madya, Pratama, dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Balikpapan meninjau pembangunan infrastruktur di IKN.

Kunjungan kerja ke IKN difokuskan pada titik Nol Kilometer dan lokasi yang nantinya menjadi Kantor Basarnas serta pemukiman pegawai yang sedang dibangun. Kepala Basarnas dalam kunjungannya bertemu dengan salah seorang dari Otorita IKN, dijelaskan bahwa saat ini pembangunan IKN terus berjalan sesuai jadwal dengan progress saat ini sebesar termasuk lokasi untuk menjadi Kantor Basarnas.

Ditambahkan juga bahwa HUT RI tahun 2024 ini akan berlangsung di IKN, dimana lokasi untuk upacara peringatan HUT RI pun sudah dalam tahap pembangunan dan akan rampung sebelum bulan Agustus 2024. Pembangunan IKN sendiri mengusung konsep forest city atau kota hutan yang berkelanjuta. Dimana hanya 25% dari area Nusantara yang akan dibangun, sedangkan 75% sisanya akan menjadi area hijau yang termasuk 65% area tersebut tetap sebagai hutan tropis.

Disamping meninjau IKN, Kepala Basarnas juga diagendakan akan berkunjung ke Kantor SAR Balikpapan untuk bertatap muka dengan seluruh pegawai. Selanjutnya Kepala Basarnas beserta rombongan juga akan melakukan pengecekan kesiapan peralatan baik yang berada di Kantor SAR Balikpapan maupun Kapal SAR.