Basarnas Bantu Kapal Patah ask

Buleleng --- Sejak pagi tim SAR gabungan melanjutkan kembali pencarian Kapal Ikan Lintas Samudra yang mengalami patah as baling-baling di utara Perairan Buleleng, pada Sabtu (6/7/2024). Kapal dengan rute Sapeken Banyuwangi tersebut membawa 7 POB. 

"Kami kemarin siang memperoleh informasi adanya kapal patah ask baling-baling saat melaut dari Kades Tanjung Kiok, dimana ia sempat dihubungi oleh kapten kapal," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, S.H. Perkiraan waktu kejadian menurut laporan yakni kurang lebih pukul 10.30 Wita. Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar langsung menggerakkan 6 personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng. Namun upaya pencarian kemarin tidak memberikan hasil. 

Hari kedua operasi SAR, tim gabungan memulai pencarian kurang lebih pukul  06.10 Wita dan lepas sandar dari Dermaga Celukan Bawang menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat). Sekitar 2 jam berselang, KM Lintas Samudera berhasil ditemukan di posisi koordinat 07˚53’54.86” S  114˚54’37.67” E ± 17.8 NM, heading 10° dari Pelabuhan Celukan Bawang. "Semua POB selamat, 2 orang dievakuasi menuju RIB, selanjutnya kapal ditarik oleh KM Kumbang Kurma menuju Banyuwangi," jelas Sidakarya. Pukul 11.00 Wita SRU laut sudah sandar di Pelabuhan Celukan Bawang dan 2 orang POB atas nama Ahmad Ramli (44) dan Akias Izakhalul Fikri (9), dijemput oleh pihak keluarga.

Sementara itu, keterangan dari Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng, Kadek Donny Indrawan mengungkapkan bahwa, kapal ikan tersebut sudah ditarik oleh kapal lainnya ketika tim sampai di lokasi. "Kita berkoordinasi dengan Pos SAR Banyuwangi untuk memastikan keamanan dan keselamatan kapal tersebut menuju Banyuwangi," ungkapnya. KM Lintas Samudera dan KM Kumbang Kurma tiba di tujuan Dermaga Pantai Boom (Banyuwangi) pada pukul 16.00 Wita. Identitas POB lainnya yakni amarudin (40), Asmuni (51), Saifudin (50), dan Dahar (52) dan Mahat (51). 

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsurSAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Pos Pencarian dan Pertolongan Banyuwangi, TNI AL Celukan Bawang, Polair Polda Bali, Polair Polres Buleleng, Bhuana Bali Rescue dan ABK KM Kumbang Kurma. (ay/hmsdps)