Kantor SAR Manado Kembali Siaga Gunung Ruang

Tagulandang— Gunung Ruang yang berada di Tagulandang Sulawesi Utara kembali erupsi mengeluarkan lahar panas dan abu vulkanik, Selasa (30/4/2024). Tim rescue Kantor SAR Manado bersama unsur lainnya mengevakuasi masyarakat terdampak ke tempat yang lebih aman.

Pemerintah setempat juga memberikan perungatan kepada seluruh masyarakat yang berada radius sejauh 7 Km dari Gunung ruang agar mengungsi ketempat lebih aman. Sampai saat ini sudah ribuan masyrakat yang dievakuasi ke luar Pulau Tagulandang untuk menjamin keselamatannya.

Kantor SAR Manado sudah menyiagakan KN SAR Bima Sena untuk mengevakuasi masyarakat dibantu Kapal TNI dan Kapal Ferry Lohoruang. 

Kantor SAR Manado hingga kini masih terus siaga di Pulau Tagulandang dengn mengerahkan sebanyak 41 personil baik ABK dan rescuer.

Kepala Kamtor SAR manado melalui humas menyampaikan bahayanya abu vulkanik yang terhirup di paru paru menyebabman sesak nafas atau ispa.

"Jadi kami himbau agar pergunakan masker setiap beraktifitas di luar rumah, dan kami akan selalu hadir di setiap bencana seperti ini sehingga masyarakat bisa merasakan kehadirian instansi pemerintah untuk memberikan kenyamanan, masyarakat Kepualaun Tagulandang agar tidak panik atau gelisah dengan kejadian seperti ini," ujarnya.

"Mari kita sama sama berdoa agar kejadian letusan Gunung Ruang ini bisa cepat selesai, kami Kantor SAR Manado akan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah atau instansi terkait untuk menjamin kenyamanan masyarakat," tandasnya.