Pelatihan SAR

Biak-Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak (Kantor SAR Biak) melaksanakan Pelatihan Potensi SAR di ketinggian. Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari berbagai unsur Potensi SAR, seperti TNI, POLRI, BPBD Biak, Satpol PP Biak,  serta relawan dan organisasi.

Pembukaan pelatihan ini turut dihadiri Plt. Sekda Kabupaten Biak Numfor Zacharias L Mailowa, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak Kundori, S.T., M.M serta pimpinan satuan TNI-POLRI dan instansi terkait lainnya, di Asana Hotel Biak, Selasa (9/7/2024).

Dalam sambutannya saat acara pembukaan, Plt Sekda mengatakan pentingnya Pelatihan Potensi SAR bertujuan untuk menjalin sinergitas dan kerja sama antara instansi atau organisasi yang memiliki peran dalam operasi SAR. “Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan di medan ketinggian di Kabupaten Biak Numfor kali ini sangat penting untuk menjalin sinergitas dan kerjasama antar instansi atau organisasi yang memiliki peran dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan,” ujarnya. Plt Sekda juga mengatakan untuk selalu megoptimalkan tugas penyelamatan sehingga apa yang menjadi visi dan misi pencarian dan pertolongan dapat tercapai. “Kita sebagai pelayan masyarakat hadir sebagai perwakilan negara, bekerja secara totalitas (profesional, militan, bertanggung jawab) dan bekerja dengan semangat sesuai Moto Basarnas yaitu Satu Jiwa Satu Rasa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala kantor SAR Biak Kundori, S.T., M.M berharap melalui kegiatan pelatihan ini seluruh peserta mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik agar nantinya dapat membantu tugas-tugas yang diemban oleh kantor SAR Biak. “Secara kelembagaan kegiatan ini merupakan wujud konkrit pembinaan yang dilakukan Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan ( Basarnas ) terhadap Potensi SAR khususnya di wilayah Kabupaten Biak Numfor. Harapan saya melalui pelatihan ini hendaknya para peserta dapat belajar dan memahami pengetahuan dan keterampilan sehingga secara khusus dapat membantu tugas-tugas yang diemban oleh kantor SAR Biak sebagai unit pelaksana teknis di wilayah ini,” ujarnya.

Pelatihan Potensi SAR di ketinggian dijadwalkan akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari sejak tanggal 9-17 Juli 2024. Peserta Pelatihan akan dibekali dengan materi-materi High Angle Rescue Technique (HART), pengenalan pelatihan, subtansi Basarnas hingga materi Medical First Responder (MFR). Hms4_