Kabasarnas Tinjau Kesiapan Posko Siaga SAR Moto GP

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo hari ini meninjau langsung posko siaga SAR khusus Moto GP 2023 di Mandalika, Sabtu (14/10/2023).

Didampingi Direktur Kesiapsiagaan Agus Haryono, Direktur Operasi Brigadir Jenderal TNI (Mar) Edy Prakoso, dan Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi, Kabasarnas memberikan pengarahan kepada personil yang terlibat.

Kabasarnas mengatakan bahwa tahun ini merupakan ketiga kalinya Basarnas terlibat dalam Moto GP Mandalika. Lebih lanjut disampaikan Basarnas siagakan 2 unit helikopter yang diawaki Komandan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Mayor Pnb Nugroho Tri W, alut laut berupa 1 kapal dan 3 rib, serta personil secara keseluruhan sekitar 110 orang termasuk potensi SAR.

 



Dihadapan awak media Kabasarnas juga menjelaskan sesuai dengan bidang tugasnya Basarnas yakni pencarian dan pertolongan, pelaksanaan siaga ini juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bidang tugas Basarnas salah satunya pencarian dan pertolongan untuk mengantisipasi, dalam arti kata dalam event ini seperti yang sudah disimulasikan dan direncanakan dengan kondisi yang ada." ujarnya.

"Saya selalu menekankan kepada seluruh personil untuk berpikiran kita mampu mengatasi hal terburuk, tetapi kita juga harus selalu berdoa untuk yang terbaik dan berharap potensi atau kemungkian yang terburuk tidak terjadi," sambungnya.

Namun demikian, orang nomor satu di Basarnas menambahkan seluruh petugas sudah berlatih termasuk di tikungan-tikungan yang rawan pun sudah disimulasikan untuk penanganannya sesuai dengan SOP pihak penyelenggara.

Tidak hanya ke posko siaga SAR khusus, Kabasarnas juga meninjau Unit Siaga SAR Mandalika dan mencoba Amphibious All Terain Vehicle (ATV). (Nv)