Kabasarnas Terima Brevet SAR Kehormatan dan Wing Rescue

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo menerima penyematan brevet SAR Kehormatan dan wing rescue di Balai Diklat Basarnas, Jonggol, Jawa Barat, Senin (30/10/2023).

Selain Kabasarnas, brevet juga diberikan kepada 7 warga Kehormatan Basarnas diantaranya adalah Laksda TNI R. Eko Suyatno, Brigjen TNI I Nyoman Parwata, Brigjen (Mar) Edy Prakoso, Marsekal Pertama TNI Tarjoni, Marsekal Pertama TNI Danang Setyabudi, Kolonel Deni Dahtiar, dan Kolonel Sus Siswanta.

Penyematan brevet diawali dengan demo berbagai prosedur standar operasi SAR yang dipimpin langsung oleh Kabasarnas sebagai team alpha yang diikuti juga di dalamnya Direktur Operasi (Dirops) Pencarian dan Pertolongan dan Basarnas Special Group.

Brevet SAR Kehormatan disematkan oleh Kepala Pusat Pelagihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan Basarnas kepada Kabasarnas, dan Wing rescue disematkan oleh Dirops kepada Kabasarnas. 

Usai penyematan brevet, Kabasarnas mengatakan bahwa "tugas pokok Basarnas memiliki dimensi moral yang tinggi. Tugas dan fungsi kita adalah melaksanakan urusan pemerintah di bidang penyelenggaraan pencarian dan pertolongan atau SAR. 

Kinerja yang sudah bagus selama ini saya harap dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Basarnas harus semakin professional dengan standar kompetensi, baik skill, knowledge, serta taat dan patuh terhadap aturan yang ada. Kreativitas dan inovasi dengan mengelaborasi teknologi harus terus dilakukan agar kinerja kita di bidang penyelenggaraan SAR semakin efektif dan efisien".