Kunjungan rombongan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) Peserta Negara Sahabat Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI Tahun 2024, Selasa (02/07/2024)

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo menerima kunjungan rombongan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) dalam rangkaian Kegiatan Peninjauan Objek Penting (POP) Peserta Negara Sahabat Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI Tahun 2024, Selasa (02/07/2024).

Rombongan berjumlah 12 orang yang berasal dari beberapa negara sahabat diantaranya Malaysia, Singapura, Australia, Brunei Darussalam, Timor Leste, Arab Saudi, Fiji, dan India. Dengan pimpinan rombongan Irjen Pol Drs. Kamaruddin, M.Si., Kepala Basarnas menyambut hangat didampingi pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Basarnas.

Dalam sambutannya, Kepala Basarnas memaparkan secara umum peran dan fungsi strategis Basarnas dalam melaksanakan tugas pencarian, pertolongan, dan evakuasi terhadap korban kecelakaan penerbangan, pelayaran, bencana, serta kondisi membahayakan manusia.

Sementara itu Irjen Pol Drs. Kamaruddin, M.Si. menuturkan tujuan dari kegiatan ini untuk membekali wawasan dan pengetahuan tentang Indonesia khususnya bagi para peserta negara sahabat terhadap objek strategis yang ada Indonesia. 

“Harapannya ini, para peserta akan melihat dan membandingan dengan kondisi di negara masing-masing peserta. Agar nantinya dapat membuat esai seperti kajian terkait pembangunan nasional,” ujarnya.

Para peserta juga diajak berkunjung ke Basarnas Command Center (BCC) untuk melihat proses kerja Basarnas dalam menerima informasi kejadian maupun musibah di wilayah Indonesia.