Kabasarnas: Bukan Pada Banyaknya Operasi SAR, Tapi Pada Tingkat Keberhasilannya"

Wonosobo - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M. beserta Pimpinan Tinggi Madya melakukan kunjungan kerja ke Pos SAR Wonosobo dalam rangka silaturahmi dan sarasehan dengan pemangku kepentingan di bidang pencarian dan pertolongan khususnya di wilayah Wonosobo dan sekitarnya seperti Temanggung, Wonosobo sendiri dan Banjarnegara atau dikenal wilayah Terano, Selasa 30 Juli 2024.



Dalam sambutannya, Kabasarnas memberikan apresiasi tinggi terhadap para potensi yang hadir dalam sarasehan yang diselenggarakan Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Wonosobo.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada teman-teman potensi yang hadir di kesempatan ini di forum yang sangat langka ini. Jumlah yang hadir ini yang terbanyak dan terimakasih juga atas sinerginya yang sangat baik" kata Kabasarnas.



Kepala Basarnas juga menanggapi paparan yang disampaikan Kepala SAR Semarang Budiono, tentang banyaknya operasi SAR di Kantor SAR Semarang mencapai 124 penanganan sampai dengan Juli ini. Namun yang menjadi perhatian Kepala Basarnas bukan pada banyaknya operasi SAR yang sudah dilakukan tetapi pada hasilnya.


"Saya beserta pimpinan dipusat menilai bukan pada banyaknya operasinya tetapi kepada tingkat keberhasilannya. Makanya kita punya waktu respon time aksi adalah 25 menit saja, dihitung dari laporan masuk hingga siap bergerak ke lokasi. Dan alhamdulillah selama satu tahun saya di Basarnas, ini bisa terwujud" Lanjutnya.

Selain itu, Kedatangan KaBasarnas ke Pos SAR Wonosobo juga untuk melihat sejauh mana kesiap siagaan personil Pos SAR Wonosobo beserta para potensi SAR-nya dalam menghadapi musim kemarau.


Dalam kesempatan silaturahmi dan sarasehan di Pos SAR Wonosobo, Kabasarnas didampingi oleh Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan; Deputi Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi; serta Deputi Bina Tenaga dan Potensi. Sementara dari Pemda Wonosobo, Bupati yang sedianya hadir diwakilkan oleh Sekda Wonosobo.