Kabasarnas : ORARI Memiliki Kapabilitas Dibidang Komunikasi

"ORARI memiliki kapabilitas dibidang komunikasi. Dimana komunikasi merupakan hal krusial dalam penyelenggaraan operasi SAR,". Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi saat menghadiri Hari jadi ke-55 Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), Minggu (9/7/2023) di Hotel Mercure Jakarta Selatan. 

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Basarnas dengan ORARI serta pemberian callsign kehormatan kepada Kepala Basarnas. 

 

Dalam sambutannya Kepala Basarnas mengatakan bahwa penyampaian informasi yang cepat dan akurat serta koordinasi, mutlak diperlukan untuk memperlancar proses penyelenggaraan pencarian dan pertolongan sehingga terlaksana sesuai motto Basarnas quick response search and rescue. Kabasarnas menambahkan bahwa dirinya juga menyambut baik adanya penandatanganan nota kesepahaman ini.

"Kita tahu selama ini ORARI berperan aktif dan selalu mendukung Basarnas dalam penyelenggaraan operasi SAR dengan nota kesepahaman ini kami berharap masing-masing pihak dapat menindaklanjuti dan mengembangkan kerja sama sesuai dengan ruang lingkup nota kesepahaman ini," jelasnya.

Turut hadir mendampingi Kepala Basarnas yakni Deputi Bidang Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Moh. Barokna Haulah serta Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Iwan Rosyadi. (Nv)