Hari Kelima Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Mahakam, Tim SAR Gunakan Teknologi Canggih Hadapi Kendala Cuaca Ekstrem

Rabu (26/6/2024) Pencarian Fahri, anak berusia 13 tahun yang hanyut terseret Sungai Mahakam sejak Sabtu (22/6/2024) memasuki hari kelima.

Tim rescue Pos SAR Samarinda melanjutkan pencarian dengan membagi menjadi 3 SRU. SRU I penyisiran disekitar lokasi kejadian menggunakan perahu karet Basarnas dan juga drone Thermal. SRU II menyisir sejauh ± 4 KM dari lokasi korban terserat ke arah Hilir menggunakan Speed Boat Satpolairud. SRU III melakukan pencarian menggunakan Echosounder dengan jarak 500 meter ke arah hilir oleh Tim Agratek Surveyor Indonesia.



Kepala Sesi Operasi Endrow Sasmita, S.E., M.M. menuturkan bahwa pencarian korban hingga hari keempat sejauh 2,5 KM dari lokasi.

"Rencana operasi SAR hari kelima ini kami bagi Tim menjadi 3 Sru dengan jarak pencarian meluas hingga 4 KM dari LKP dan kami menambahkan 1 SRU Tim SAR Gabungan dari tim Agratek Surveyor Indonesia melakukan pencarian dengan menggunakan Echosounder dengan jarak 500 Meter dari titik lokasi kejadian ke arah hilir,"ujarnya.

"Adapun kendala operasi hingga saat ini diantaranya cuaca ektrim, arus di sungai mahakam yang deras dan tingginya lalu lintas pelayaran di perairan sungai mahakam" tutur Endrow.