Evaluasi Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2023

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan pertolongan (Basarnas), Laksda TNI Ribut Eko Suyatno didampingi Pejabat Eselon I dan II menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI dalam Evaluasi Pelaksanaan Siaga SAR Khusus pada Arus Mudik dan Arus Balik   Lebaran Tahun 2023 Rabu (24/05), di Gedung DPR RI Jakarta.

Dalam paparannya Deputi mengatakan bahwa secara umum pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2023 yang berlangsung pada 13 April – 3 Mei 2023 berjalan dengan baik dan lancar.

"Pada Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023, Basarnas telah melaksanakan 136 operasi SAR, dengan rincian 39 operasi SAR kecelakaan kapal, 5 operasi SAR Bencana, 87 operasi SAR kondisi membahayakan manusia dan 5 operasi SAR kecelakaan dengan penanganan khusus", papar Deputi.

Deputi juga menyarankan agar kedepannya diadakan pemeriksaan kelaikan kapal, perlengkapan, keselamatan, kapasitas dan kepatuhan penumpang terhadap keselamatan lebih ditingkatkan dan dicek secara langsung sebelum dan selama kapal berlayar.

" Untuk kedepannya perlu pengawasan terhadap keselamatan pengunjung wisatawan khususnya di pantai agar lebih ditingkatkan dengan patroli langsung ke lokasi untuk mitigasi dan pencegahan", pungkasnya.