Basarnas - Evaluasi Operasi SAR 2024

Direktur Operasi Pencarian dan Pertolongan Birgjen TNI (Mar) Edy Prakoso secara resmi membuka pelaksanaan evaluasi operasi SAR, Jumat (20/9/2024) di Hotel Luminor Jakarta.

Diikuti seluruh Kepala Kantor SAR, kegiatan berlangsung selama 2 hari hingga Sabtu (21/9/2024). Dir Ops dalam sambutannya mengatakan keberhasilan operasi SAR tidak hanya diukur dari hasil akhir seperti jumlah korban yang diselamatkan, tetapi juga bagaimana seluruh proses dilakukan dengan efisien, aman, dan sesuai dengan standar operasional yang ada.

"Evaluasi operasi juga merupakan perangkat yang penting untuk memastikan bahwa penyelenggaraan operasi SAR serta kebijakan yang digunakan. Tidak hanya mencapai hasil yang diinginkan tetapi juga dilakukan dengan cara yang andal, efekrif, dan efisien," ujarnya.

Dir Ops menambahkan tujuan dari kegiatan evaluasi ini merupakan amanah dari Peraturan Badan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pelaksanaan dan penghentian operasi SAR sehingga hasilnya dapat dianalisa dan disempurnakan agar menjadi lebih sempurna dan dapat tercipta inovasi bidang operasi SAR.

Adapun materi hari pertama membahas terkait pelaksanaan operasi SAR di Gorontalo, Tarakan, Timika, dan Palembang serta diskusi panel. Pada diskusi panel menghadirkan narasumber dari Direktorat Sarana Prasarana, Bina Potensi, dan Sistem Komunikasi. Sementara itu hari kedua seluruh peserta akan melakukan forum diskusi gruo (FGD) terkait peraturan, evakuasi korban, pelibatan potensi SAR, dan Sumber Daya Operasi SAR.