Dua Hari Pencarian, Tim SAR Gabungan Akhirnya Temukan Pelajar Tenggelam di Pantai Teluk Penyu

Cilacap (9/6/2024) - Setelah melakukan pencarian sejak pagi, tim SAR gabungan akhirnya temukan Gian (16) pelajar tenggelam di Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap.

"Pukul 18.45 tim SAR Gabungan berhasil menemukan survivor atas nama Gian Lutfi Gustarna (16) pelajar asal Desa Karangtalun Kecamatan Cilacap Utara dalam kondisi meninggal dunia, selanjutnya di evakuasi ke RSUD Cilacap," ungkap Priyo Prayudha Utama, selaku Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Cilacap. 

Korban ditemukan dengan posisi terapung di permukaan air dengan jarak kurang lebih 1.9 kilometer ke arah utara dari lokasi kejadian.

Sebelumnya diketahui bahwa tim SAR gabungan sejak pagi tadi melakukan berbagai macam upaya pencarian, diantaranya melakukan penyisiran darat sejauh 3 km ke arah utara menggunakan rescue motor trail dan berjalan kaki, penyisiran di permukaan air menggunakan RIB 06 seluas 1 Nm, penyelaman di sekitar lokasi kejadian, dan pemantauan udara menggunakan drone thermal UAV.

Adapun kronologi kejadian yaitu korban bersama dengan empat rekannya sedang mandi di Pantai Teluk Penyu pada Sabtu (8/6) pukul 15.10 WIB, namun 2 orang terbawa arus ombak hingga ke tengah pantai. Satu orang dapat diselamatkan oleh perahu milik nelayan sementara satu orang lainnya tenggelam hingga dilakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan. 

"Dengan ditemukannya survivor, maka operasi SAR 1 (orang) tenggelam di Pantai Teluk Penyu ditutup. Dan seluruh unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terimakasih", tutupnya.