Audiensi Wakil Walikota Padang Panjang

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laksda TNI Ribut Eko Suyatno hari ini (20/7/2023) menerima audiensi Wakil Walikota Padang Panjang Drs Asrul beserta rombongan.

Bertempat di ruang rapat utama lantai 2 gedung Basarnas, Wakil Walikota menyampaikan maksud dan tujuan melakukan audiensi ke Basarnas. Disampaikan bahwa saat ini belum adanya Basarnas di wilayah Padang Panjang, sehingga menginginkan agar ada personil yang bisa melatih relawan-relawan yang ada disana.

 

Hal tersebut disambut baik oleh Deputi, dijelaskan bahwa Basarnas siap membantu untuk memberikan pelatihan sesuai dengan skill para relawan.

"Sesuai Undang-Undang No 29 Tahun 2014 untuk search and rescue ada di Basarnas, untuk bencana itu ranahnya di BNPB jadi kami siap saja diminta untuk melatih para relawan di Padang Panjang," sambung Deputi.

Lebih lanjut Deputi juga menjelaskan bahwa saat terjadi bencana Basarnas berperan pada masa kedaruratan untuk menolong korban.

 

"Saat menolong orang pun perlengkapannya harus lengkap jangan sampai kita mau menolong orang malah kita yang ditolong," jelasnya.

Diakhir acara, wakil walikota menyampaikan harapannya apa yang sudah dibicarakan dalam audiensi ini bisa terealisasi dan berjalan dengan lancar.

"Kita harus tau dulu skill para relawan kita dan kita juga bekerja sama dengan SAR Padang semoga semuanya berjalan dengan lancar," pungkas wakil walikota. (Nv)